Online Conference Systems, Seminar Nasional Pendidikan Seni dan Desain dalam Spirit Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)

Font Size: 
Penerapan Pendekatan Inquiry dalam Pembelajaran Deskomvis
Hasnawati Hasnawati

Last modified: 2021-12-04

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskipsikan proses pembelajaran Deskomvis dengan penerapan pendekatan inquiry dan mendeskripsikan Peningkatan hasil belajar mahasiswa Deskomvis I dengan menerapkan pendekatan inquiry. Jenis penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (classroom action research). Dalam penelitian tindakan, peneliti terjun langsung dan melibatkan diri selama proses pembelajaran berlangsung dan diikuti secara terus menerus. Keterlibatan peneliti dilaksanakan mulai dari mendiagnosis permasalahan dalam proses pembelajaran, membuat desain pembelajaran, merumuskan rencana tindakan, mengevaluasi hasil tindakan, merefleksi peristiwa yang terjadi pada proses tindakan, dan merevisi perencanaan atau pelaksanaan tindakan untuk langkah berikutnya. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Tekni analisis data dengan menggunkana teknik analisis dskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) proses pembelajaran Desain Komunikasi Visual dengan pendekatan inquiry dilakukan melalui proses yang diawali dengan pre-test sebagai alat ukur kemampuan awal mahasiswa, yang dilanjutkan dengan observasi berkarya tipography, kemudian menggali ide dengan cara bereksperimen melalui berbagai media dan memecahkan masalah untuk menghasilkan karya yang sesuai dengan kaidah-kaidah desain komunikasi visual. 2) Pembelajaran Desain Komunikasi Visual I melelui pendekatan inquiry mampu meningkatkan prestasi belajar mahasiswa yang dibuktikan dengan adanya peningkatan skor nilai dan peningkatan kualitas hasil karya mahasiswa.

Kata kunci: pendekatan inquiry, desain komunikasi visual


Keywords


pendekatan inquiry; desain komunikasi visual

References


Arnston, Amy E. 2007. Graphic Design: Basics. USA: Thomson Wadswords.

Depdiknas. 2002. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning (CTL)). Jakarta: Dirjen Dikdasmen.

 

Mulyasa. 2006. Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

 

Suyanto, M. 2004. Aplikasi Desain Grafis untuk Periklanan. Yogyakarta: Andi.

 

Sanyoto, Sadjiman Ebdi. 2006. Metode Perancangan Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Dimensi Press.

 

Madya, Suwarsih. 1994. Seri Metodologi Penelitian. Panduan Penelitian Tindakan. Yogyakarta: Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta.


Full Text: PDF