Online Conference Systems, Seminar Nasional Pendidikan Seni dan Desain dalam Spirit Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)

Font Size: 
Literasi Visual untuk Mengidentifikasi Persepsi Visual Identitas Visual Kebudayaan Sulawesi Selatan Berbasis Data Search Engine Optimization (S.E.O)
Karta Jayadi, Dian Cahyadi

Last modified: 2021-12-04

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi masyarakat di luar komunitas kebudayaan Sulawesi Selatan yang ditransmisikan melalui pesan-pesan literasi visual. Sehingga diperoleh beberapa acuan yang referal untuk digunakan dalam merumuskan kode visual dalam merancang identitas visual bagi Sulawesi Selatan dan kabupaten / kota dalam lingkupnya. Perumusan identitas visual menggunakan basis data Search Engine Optimation (S.E.O). Kebudayaan di Sulawesi Selatan  yang terbentuk kemudian menjadi referensi bagi seseorang untuk memberikan penilaian terhadap karakter, kekhasan, tradisi, norma, tata nilai, dan pola kehidupan dalam membuat penilaian persepsional terhadap apa yang dilihatnya. Media sosial memiliki konten visual, bunyi dan gerak yang memiliki jangkauan dan efektifitas dalam membentuk asosaiasi terhadap persepsi kebudayaan Sulawesi Selatan sebab jangkauannya yang luas dan kecepatan dalam memberikan dan membentuk impuls persepsi. Literasi visual adalah seperangkat kemampuan yang memungkinkan individu untuk secara efektif menemukan, menafsirkan, mengevaluasi, menggunakan, dan membuat gambar dan media visual.

Kata kunci: Literasi visual, persepsi visual, identitas visual, Kebudayaan, Sulawesi Selatan


Keywords


Literasi visual;persepsi visual;identitas visual;Kebudayaan; Sulawesi Selatan

References


Cahyadi, D. (2010, November 28). blog.unm.ac.id/diancahyadi. Retrieved November 4, 2021, from Blog UNM: Dian Cahyadi/artikel: http://eprints.unm.ac.id/2931/1/index.html

Curtiss, D. (1987). Introduction to visual literacy. New Jersey: Prentice Hall.

Desvianto, S. (2013 ). STUDI FENOMENOLOGI : PROSES PEMBENTUKAN PERSEPSI MANTAN PASIEN DEPRESI DI RUMAH PEMULIHAN SOTERIA. JURNAL E-KOMUNIKASI VOL I. NO.3 , 104-114.

DeVito, J. A. (2006). Human communication ± The basic course (10th Ed). Boston: Pearson Education Inc. .

DeVito, J. A. (2007). The interpersonal communication book. Boston: Pearson Education.

Kern, R. (2000). Literacy and Language Teaching. Oxford: Oxford University .

Levanier, J. (2020, Desember). 99design. Retrieved November 5, 2021, from 99design.com: https://99designs.com/blog/logo-branding/visual-identity/

Muhaemin, M., & Yunus, P. P. (2020). LITERASI VISUAL SEBAGAI UPAYA PEMAHAMAN PERAN PENDIDIKAN UNTUK SENI RUPA LOKAL DI INDONESIA. Seminar Nasional Pendidikan Seni dan Desain 'CARADDE' 2020 (pp. 184-188). Makassar: Fakultas Seni dan Desain UNM.

Mulyana, D. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja.

Orland-Barak, L. M. (2017). Methodologies of Mediation in Professional Learning. Professional Learning and Development in Schools and Higher Education 14. DOI:10.1007/978-3-319-49906-2_3.

Tylor, E. (1920). Primitive Culture. New York: J.P. Putnam’s Sons.

Wikipedia Indonesia. (2021, 10 26). Retrieved 11 5, 2021, from https://id.wikipedia.org: https://id.wikipedia.org/wiki/Optimisasi_mesin_pencari

Wood, J. T. (2007). Interpersonal communication (everyday encounters). California: Thomson .

Wrona, K. (2015). VISUAL IDENTITY AND REBRANDING. MINIB, Vol. 16, Issue 2 , 91–119.


Full Text: PDF