Online Conference Systems, Seminar Nasional Pendidikan Seni dan Desain dalam Spirit Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)

Font Size: 
Perancangan Multimedia Interaktif Mata Kuliah Gambar Perspektif
Agussalim Djirong, Satriadi Satriadi

Last modified: 2021-12-04

Abstract


Penelitian ini merupakan perancangan dengan fokus perhatian pada media pembelajaran multimedia interaktif untuk mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa, Jurusan Seni Rupa, Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. Gagasan yang mendasari urgensi penelitian ini adalah tuntutan kurikulum dan kebutuhan belajar mahasiswa. Khusus untuk media pembelajaran gambar perspektif, saat ini belum tersedia karena memang belum pernah ada upaya Perancangan media pembelajarannya. Sekalipun sudah ada buku ajar yang ditulis oleh pakar, namun terkadang tidak sistematis untuk digunakan sebagai bahan ajar karena sifatnya terlalu umum sehingga mahasiswa terkadang sulit memahaminya. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang media pembelajaran multimedia interaktif untuk memenuhi kebutuhan belajar mahasiswa. Target luaran yang diharapkan dari penelitian ini adalah aplikasi media interaktif untuk menunjang proses pembelajaran yang memungkinkan mahasiswa untuk belajar mandiri. Perancangan media pembelajaran ini mengacu pada metode Perancangan (R & D) dengan langkah-langkah Perancangan yang diadopsi dari Borg and Gall yang terdiri atas tiga tahap, yakni: studi pendahuluan, tahap Perancangan, dan tahap validasi. Alur prosedur penelitian dan Perancangan akan dilakukan melalui 4 tahapan, yakni: tahap analisis kebutuhan, tahap perencanaan penelitian, tahap Perancangan strategi pembelajaran, dan tahap evaluasi (validasi dan revisi/perbaikan). Teknik pengumpulan data menggunakan survey lapangan, analisis kebutuhan dan studi literatur. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif Miles dan Huberman melalui empat tahap, yakni: tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/kesimpulan. Berdasarkan hasil validasi materi di atas, maka dapat disimpulkan bahwa hasil perancangan menunjukkan nilai rata-rata tiga atau baik. Indikator mengenai Kesesuaian konsep dengan konsep yang dikemukakan oleh para ahli gambar teknik, indikator Pemberian contoh-contoh dalam penyajian materi, dan indikator Kegiatan belajar dapat memotivasi mahasiswa menunjukkan hasil penilaian sangat baik. Sedangkan indikator Penyajian pembahasan soal menunjukkan penilaian kurang. Sehingga salah satu indikator tersebut menjadi saran dari validator materi untuk menambahkan beberapa soal disertai dengan pembahasannya

 

Kata Kunci: Perancangan; media interaktif; multimedia; gambar Perspektif


Keywords


Perancangan; media interaktif; multimedia; gambar Perspektif

References


Arda, dkk. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer untuk Siswa SM. Jurnal Mitra Sains, Volume 3 Nomor 1, Januari 2015 hlm 69-77.

Arifin, Zainal. 2012. Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Borg, W. R. dan Gall, M. D. 1983. Educational Research. An Introduction (4th ed.) New York: Longman

Bovee. Courland.( 1997 ), Business Communication Today. Prentice Hall: New York.

Ferawati. 2011. Model Pembelajaran Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Generik Sains Guru Fisika pada Topik Fluida Dinamis. Proseding Penelitian Bidang Ilmu Eksakta 2011, (2011),hal: 1-10.

Liao, Y.K. 1992. Effects of Computerassisted Intruction on Cognitive Outcomes : A Meta Analysis. Journal of Research on Computing in Education, 24.

Nana Sudjana, Ahmad Rifai , 2005. Media Pengajaran, Sinar Baru Algendindo, Bandung.

Prastika, L. R., dkk. 2015. Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Berbasis Komputer Model Instructional Games terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fisika. Prosiding Simposium Nasional Inovasi Pembelajaran dan Sains 2011 (SNIPS 2015) Bandung, (2015): hlm 397-400.

Rohani, 2019. Media pembelajaran. Diktat. Fakultas ilmu tarbiyah dan keguruan universitas isalma negeri sumatera utara.

Sadiman Arief (dkk), 1996 , Media Pendidikan, Jakarta: Rajawali Press, hal 82

Sanaky, Hujair AH. 2009. Media Pembelajaran, Yogyakarta : Safiria Insania Press.

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorentasi Standar Proses Pendidikan .Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Sudrajat, Akhmad. 2008. Media Pembelajaran.(online).

Sutopo, Hadi. 2008. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multimedia.

Suyanto, M.2003. Multimedia Alat untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing .Yogyakarta: Andi.

Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Vaughan, Tay. 2011. Multimedia: Making It Work, 8th Edition. New York: McGraw-Hill

Wiyono, K., dkk. 2009. Model Pembelajaran multimedia Interaktif Relativitas Khusus untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Makalah Seminar Nasional Pendidikan di FKIP Universitas Sriwijaya Palembang, (2009): hal: 1-12.


Full Text: PDF