Online Conference Systems, Seminar Nasional Pendidikan Seni dan Desain dalam Spirit Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)

Font Size: 
Pelatihan Tari Pada Siswi SMP Satap Negeri 8 Kabaena Barat Sulawesi Tenggara di Era MBKM
Selfiana Saenal, Sumiani sumiani, Bau Salawati

Last modified: 2021-12-05

Abstract


Pada penelitian ini bertujuan untuk mendeskipsikan proses pelatihan tari dengan metode daring dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa. Melalui penerapkan metode daring Jenis penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (classroom action research). Teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Teknik analisis data dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) proses pelatihan tari melalui metode daring, dimulai dengan pre-test sebagai alat ukur kemampuan awal siswi, yang dilanjutkan dengan observasi video tari siswi SMP Satap Negeri 8 Kabaena Barat Sulawesi Tenggara, kemudian mengajarkan tari melalui demonstrasi dan dilakukan secara daring. Setelah itu siswi diberikan link video tari yang harus dipelajari secara kelompok. 2)Pelatihan tari melalui daring mampu meningkatkan keterampilan dan kreatifitas menari siswi hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan skor nilai dari 50 poin menjadi 75 poin dan dari 60 poin menjadi 95 poin. Selain itu peningkatan hasil pertunjukan tari yang di buat melaui video tari.

Kata kunci: metode daring, seni tari, mbkm


Keywords


metode daring; seni tari; mbkm

References


Dedi, Koswara. (2021). Program Pendidikan SD_SMP Satu Atap di Provinsi Banten. Diakses dari http://www.file.upi.edu). Pada Tanggal 01 Oktober 2021.

Dedi, Koswara. (2008). Admistrasi dan pengelolaan Sekola. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan, Direktorat Jendral PMPTK, Depdiknas.

Depdiknas. 2002. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning (CTL)). Jakarta: Dirjen Dikdasmen.

Mulyasa. 2006. Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Madya, Suwarsih. 1994. Seri Metodologi Penelitian. Panduan Penelitian Tindakan. Yogyakarta: Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta.

Undang-Undang Republik Indonesi No.20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.


Full Text: PDF