Online Conference Systems, Seminar Nasional Pendidikan Seni dan Desain dalam Spirit Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)

Font Size: 
Perancangan Pembelajaran Vokal di SMA Menggunakan Aplikasi Karaoke Online Starmaker
Muh. Kurniawan AKW, Syakhruni Syakhruni

Last modified: 2021-12-05

Abstract


Pembelajaran seni di sekolah senantiasa berpatokan pada empat aspek, yakni aspek spiritual, kognitif meliputi teori dan konsep, afektif meliputi sikap dan psikomotor atau keterampilan. Kehadiran pandemi Covid 19 yang melanda negeri lebih dari 2 tahun telah membawa dampak yang besar bagi kehidupan masyarakat, termasuk juga dalam hal Pendidikan. Pembelajaran tatap muka untuk sementara dilakukan secara daring. Pelaksanaan Pendidikan secara daring menjadi tantangan tersendiri bagi pendidik seni di sekolah khususnya dalam aspek psikomotorik. Salah satu solusi yang ditawarkan melalui tulisan ini adalah pemanfaatan  perangkat gawai. Aplikasi karaoke mobile berbasis jaringan internet yang saat ini marak digunakan pada perangkat gawai yang pada awalnya digunakan untuk hiburan, dapat dimanfaatkan untuk membantu guru dalam pembelajaran musik khususnya vokal di sekolah. Aplikasi tersebut juga memiliki kelebihan antara lain user interface yang intuitif, mudah digunakan, terdapat fitur menaik dan turunkan nada dasar, pilihan lagu yang beragam, fasilitas record video dan gratis. Penugasan maupun praktek ujian vokal dapat dilakukan secara fleksibel dengan bantuan aplikasi tersebut, sehingga memudahkan guru dalam pengumpulan tugas dimana saja dan kapan saja, melalui beberapa platform pesan singkat ataupun streaming.

Kata Kunci: aplikasi, karaoke, online


Keywords


aplikasi; karaoke; online

References


Penyusun.(2004).Ensiklopedi Musik. Jakarta: PT. Delta Pamungkas.

Bambang, P. (2014). Penerapan Pendekatan Saintifik. http://staffnew.uny.ac.id/upload/131662618/ pengabdian/penerapan-pendekatan- saintifik.pdf (Accessed Saturday December 2021).

Djamarah, S. B. (2010). Guru dan Siswa dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Kemendikbud. 2014. https://www.kemdikbud.go.id/kemdikbud/do kumen/Paparan/Paparan%20Wamendik.pdf (Accessed 4 November 2021).

Khakim Uulul, D. I. N. S. W. U. (2016). Pelaksanaan Membuka dan Menutup Pelajaran Oleh Guru Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(9), pp. 1730-1734.

Malarsih, K. E. (2013). Pembelajaran Seni tari Menggunakan Pendekatan Apresiasi dan Kreasi. Rekayasa Jurnal Penerapan Teknologi dan Pembelajaran, 11(1), pp. 43-50.

Pahrudin Agus, P. D. D. (2019). Pendekatan Saintifik Dalam Implementasi Kurikulum 2013 dan Dampaknya Terhadap Kualitas Proses dan Hasil Pembelajaran Pada MAN di Provinsi Lampung. Lampung Selatan: Pustaka Ali Imron.

Undang-Undang Republik Indonesia. (2003). Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003.


Full Text: PDF