Online Conference Systems, Seminar Nasional Pendidikan Seni dan Desain dalam Spirit Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)

Font Size: 
Peran Visualisasi Interaktif dalam Presentasi Menggunakan Aplikasi Canva
Ratih Pertiwi, Irma Damayantie

Last modified: 2021-12-27

Abstract


Presentasi merupakan salah satu hal terpenting dalam memberikan penyajian suatu informasi kepada khalayak. Komposisi pada konten presentasi, yakni sebesar 60% untuk konten berupa gambar (visualisasi) dan 40% berupa konten informasi tulisan atau teks. Dengan tujuan, menjadikan penyajian presentasi lebih interaktif dan komunikatif. Adanya teknologi yang bergerak semakin status, menjadi suatu fenomena pada transformasi aplikasi penyajiannya, saat ini tidak hanya menggunakan aplikasi power point, melainkan telah diperkenalkan oleh aplikasi yang bernama Canva. Maka, metodologi penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Dengan tujuan, melihat secara langsung peran penggunaan aplikasi Canva terhadap metode pembelajaran presentasi Visual yang interaktif. Dengan demikian, menghasilkan kesimpulan bahwa aplikasi Canva memiliki peran penting sebagai pendukung mahasiswa dengan prospek pembelajaran seni dan desain dalam kurikulum MBKM melalui visualisasi yang interaktif dan komunikatif.

Kata Kunci: Visualisasi, Interaktif, Presentasi, Canva, MBKM

Abstract

Presentation is one of the most important things in providing the presentation of information to the public. The composition of the presentation content, which is 60% for content in the form of images (visualization) and 40% in the form of written or text information content. With the aim of making the presentation more interactive and communicative. The existence of technology that is moving increasingly status, has become a phenomenon in the transformation of presentation applications, currently not only using the power point application, but has been introduced by an application called Canva. So, the research methodology used is qualitative with a phenomenological approach. With the aim of seeing firsthand the role of using Canva applications in the interactive Visual presentation learning method. Thus, it can be concluded that the Canva application has an important role in supporting students with the prospect of learning art and design in the MBKM curriculum through interactive and communicative visualization.

Keywords: Visualization, Interactive, Presentation, Canva, MBKM


Keywords


Visualization; Interactive; Presentation; Canva; MBKM

References


Enterprise, Jubilee. Desain Grafis dengan CANVA. Elex Media Komputindo. Jakarta: 2021

Kurniawati, Imani. Nurul. Buku Ajar Tehnik Presentasi Rahasia Tampil Memukau Saat Presentasi. CV. Jakad Media Publishing. Surabaya: 2019

Noor,     Juliansyah. Metodologi Penelitian (Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. KENCANA.      Jakarta: 2011.

Oktarina, Yetty & Yudi, Abdullah. Komunikasi Dalam Perspektif Teori dan Praktik. Penerbit Deepublish. Yogyakarta: 2017.

Purba,   A.   Ramen.     Teknologi Pendidikan. Yayasan Kita Menulis. kitamenulis.id: 2020

Tjokro,   L. Sutanto. Presentasi yang Mencekam. Elex Media Komputindo. Jakarta: 2013

Yuniastuti, dkk. Media Pembelajaran Untuk Generasi Milenial- Tinjauan Teoritis dan Pedoman   Praktis. Scopindo    Media Pustaka. Surabaya: 2021


Full Text: PDF