Online Conference Systems, Seminar Nasional Pendidikan Seni dan Desain dalam Spirit Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)

Font Size: 
Konsep Pengenalan Sejarah dan Nilai-nilai Prosesi Grebeg Besar Demak Melalui Game Edukasi
Abi Senoprabowo, ali Muqoddas, Noor Hasyim

Last modified: 2022-01-03

Abstract


Tradisi Grebeg Besar di kabupaten Demak mulai bergeser makna karena sekarang hanya menjadi sarana unutuk  memenuhi target pendapatan daerah dan hiburan.    Hal ini menujukkan bahwa generasi muda  lebih memaknai acara Grebeg Besar sebagai wahana permainan dan hiburan dibandingkan sebagai media pelestarian budaya.  Tujuan dari  penelitian ini adalahpembuatan  konsep  aplikasi game edukasi untuk memperkenalkan  kembali  tradisi dan budaya Grebeg Besar  Demak  kepada  generasi mudanya.  Perancangan game edukasi Grebeg Besar Demak memerlukan sebuah konsep yang baik agar tujuan game edukasi ini dapat tercapai dengan baik.  Penelitian ini merupakan bagian dari metode perancangan MDLC yaitu tahap konsep.  Penelitian ini dilakukan dengan  pendekatan deskriptif kualitatif.  Pengumpulan data dilakukan dengan  studi literatur, wawancara, dan observasi.  Hasil dari penelitian ini berupa konsep dasar aplikasi game edukasi Grebeg Besar Demak yang disajikan dalam bentuk mapping aplikasi  dan  storyboard aplikasi. Dengan konsep yang dibuat dengan detail, maka aplikasi ini nantinya dapat mudah dipahami dan digunakan oleh generasi muda di kabupaten Demak.

Keywords


Konsep; Game; Edukasi; Grebeg Besar; Demak

References


Ahmad, N. (2015). Perayaan Grebeg Besar Demak Sebagai Sarana Religi Dalam Komunikasi Dakwah. https://doi.org/10.21043/at-tabsyir.v1i2.437

Ardani, L. (2014). Filosofi tradisi penjamasan pusaka Sunan Kalijaga dalam upacara Grebeg Besar di Demak. Retrieved from https://scholar.google.com/scholar?q=Filosofi tradisi penjamasan pusaka Sunan Kalijaga dalam upacara Grebeg Besar di Demak

Effendy, I. (2014). Dinamika Grebeg Besar Demak Pada Tahun 1999 – 2003 (Tinjauan Sejarah Dan Tradisi). Journal of Indonesian History, 3(1), 19–26.

Hasyim, N., Mutiaz, I. R., & Sachari, A. (2014). Perancangan Desain Aplikasi Buku Digital (E-Book) Dengan Objek Masjid Agung Demak. Techno.Com, 13(3), 158–167. https://doi.org/10.33633/tc.v13i3.566

Hasyim, N., & Senoprabowo, A. (2019). Perancangan Ruang Pamer Digital dalam Media Virtual Reality sebagai Upaya Menyediakan Ruang Pamer Interaktif. Gestalt, 1(1), 103–112.

Kasri, K. M., & Pujo, S. (2008). Sejarah Demak Matahari Terbit di Glagah Wangi. Demak: Kantor Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Demak.

Khamadi, K., & Senoprabowo, A. (2018). Adaptasi Permainan Tradisional Mul-Mulan ke dalam Perancangan Game Design Document. Andharupa: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 4(01), 100–118. Retrieved from http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/andharupa/article/view/1588

Kistanto, N. H. (2015). Tentang konsep kebudayaan. Sabda: Jurnal Kajian Kebudayaan, 10(2).

Novaliendry, D. (2013). Aplikasi game geografi berbasis multimedia interaktif (studi kasus siswa kelas IX SMPN 1 RAO). Jurnal Teknologi Informasi & Pendidikan, 6(2), 106–118.

Nurajizah, S. (2016). Implementasi Multimedia Development Life Cycle Pada Aplikasi Pengenalan Lagu Anak-Anak Berbasis Multimedia. PROSISKO: Jurnal Pengembangan Riset Dan Observasi Sistem Komputer, 3(2).

Saifudin, M. (2019). Jaga Pengelola Pasar Rakyat Grebeg Besar Demak Tak Rugi, Satpol PP bakal Bersihkan PKL. Jateng.Tribunnews.Com. Retrieved from https://jateng.tribunnews.com/2019/07/19/jaga-pengelola-pasar-rakyat-grebeg-besar-demak-tak-rugi-satpol-pp-bakal-bersihkan-pkl

Sibarani, R. (2015). Pendekatan antropolinguistik terhadap kajian tradisi lisan. Retorika: Jurnal Ilmu Bahasa, 1(1), 1–17.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Full Text: PDF