Last modified: 2022-01-03
Abstract
Perancangan modul tentang apresiasi tari Pakarena berbasis seni tradisional pada pembelajaran seni budaya kelas X SMA Negeri 14 Bulukumba ini sebagai persiapan mahasiswa mengajar dalam kaitannya MBKM.  Desain perancangan modul pembelajaran dalam penelitian ini diadaptasi dari model pengembangan ADDIE yang terdiri atas 5 tahap pengembangan yaitu Analisis, Perancangan, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi. Namun dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap perancangan. Ada dua hal yang dibahas dalam artikel ini yaitu : Bagaimana rancangan modul apresiasi Tari Pakarena berbasis kesenian tradisional yang dibutuhkan siswa kelas X pada SMAN 14 Bulukumba, dan bagaimana rancangan modul apresiasi Tari Pakarena berbasis kesenian tradisional yang valid bagi siswa kelas X pada SMAN 14 Bulukumba. Adapun hasil penelitian berdasarkan rumusan masalah adalah pengetahuan mengenai Tari Pakarena di kalangan siswa kelas X SMAN 14 Bulukumba sangat minim, karena kurangnya referensi peserta didik dalam memperoleh pengetahuan seputar tari tradisi khususnya Tari Pakarena. Sehingga dibutuhkannya modul yang memuat materi tentang tari tradisional daerah setempat khususnya tari pakarena agar tercapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Setelah proses perancangan, maka dilakukan validasi terhadap modul yang telah dibuat dan hasilnya adalah modul yang dirancang layak untuk diujicobakan dengan revisi sesuai dengan saran yang diberikan oleh validator dengan tujuan agar modul yang dirancang dapat memenuhi standar kelayakan.
Kata kunci: Model ADDIE, Modul Pembelajaran, Tari Pakarena
Keywords
References
About Elearning. 2015. ADDIE Intructional Design Model. http://www.about-elerning.com/addie-instructional-design-model.html, 10 Juli 2020
Daryanto. (2013). Menyusun Modul. Yogyakarta : . Bandung : Gava Media.
Depdiknas. (2008). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta : Depdiknas
Indrayanti, Norma dan Endang. (2010). Pengembangan Modul. Surakarta : Tim Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM UNS
Kusrianto, Adi. 2007. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta : Penerbit Andi.
Latief , Halilintar. 1995. Pakarena. Ujung Pandang : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Latief & Sumiani. 1995. Pakarena Sebuah Bentuk Tari Tradisi Makassar. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Nadjamuddin, Munasiah. 1982. Tari Tradisional Sulawesi Selatan.Cetakan 1
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta : PT Pustaka Insan Madani
Syam, Husain. 2019. Pedoman Penulisan Tugas Akhir Mahasiswa. Universitas Negeri Makassar