Online Conference Systems, Seminar Nasional Pendidikan Seni dan Desain dalam Spirit Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)

Font Size: 
Perancangan Komunikasi Visual Puzzle “puzzlister†Sebagai Alat Peraga Pembentuk Karakter Anak Usia Dini
Dzuha Hening Yanuarsari, Lisa Mardiana, Mutia Rahmi Pratiwi

Last modified: 2022-01-03

Abstract


Angka jumlah kasus Anak Berhadapan Hukum di Indonesia semakin meningkat sejak tahun 2011-2019 dan lebih tinggi daripada laporan anak yang terjerat masalah kesehatan (narkoba), pornografi, cybercrime dan sebagainya. Hal ini mengindikasikan terdapat masalah terhadap pendidikan anak usia dini.  Pendidikan anak usia dini mampu menjadi bekal penting pada anak untuk bersosialisasi dan beraktifitas di masa mendatang. Pendidikan usia dini dalam pembentukan karakter anak mampu mengarahkan mereka pada kegiatan yang positif dan mampu memfilter kegiatan negatif yang tidak baik untuk diri anak dan lingkungan. Jalinan komunikasi interpersonal antara orangtua dan anak yang baik mampu mengurangi resiko negatif terhadap sikap dan adab yang dibawa oleh anak dimasa depan. Kurangnya kesadaran masyarakat utamanya orangtua dalam mendidik karakter anak sejak dini merupakan salah satu kendala pembangunan karakter anak di Indonesia. Pada sisi lain, ketidakmampuan anak dalam memilah hal yang baik dan buruk, kebiasan menelan informasi secara mentah dan ketidakmampuan mengembangkan daya pikir secara lebih jauh dibandingkan orang dewasa juga menjadi penyebab  anak dapat melakukan hal negatif dan kemudian berurusan dengan hukum. Tujuan dibuatnya media edukasi yang mampu mempermudah orangtua dalam menyampaikan konsep pendidikan karakter yang baik pada anak. Kontek visual dirasa mampu memberikan pendekatan yang halus kepada anak sehingga tidak merasa bosan karena selama ini kontek pendidikan karakter banyak disampaikan secara verbal. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif. Metode perancangan yang digunakan menggunakan metode desain modern. Metode desain modern mengacu pada empat tahapan yakni identifikasi, analisis, sintesis dan evaluasi. Luaran hasil yang ditawarkan pada penelitian ini berbentuk permainan puzzle “PUZZLISTER†yang ditujukan untuk anak dalam kontek pembangunan karakter positif pada anak sejak dini.

Kata Kunci : komunikasi interpersonal, media edukasi anak, pendidikan karakter, permainan puzzle


Keywords


komunikasi interpersonal; media edukasi anak; pendidikan karakter; permainan puzzle

References


Abristiana, P. O., Kristanti, A., & Aisyatul W., A. (2020). Pengenalan Angka Menggunakan Permainan Puzzle dan Pengaruhnya Terhadap Perkembangan Emosi dan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini di Play Group Se-Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1). https://doi.org/10.31537/laplace.v3i1.314

Fadly, A. (2019). Perancangan Infografis Tutorial COMIC PREPARATION untuk komikus pemula. JADECS (Jurnal of Art, Design, Art Education & Cultural Studies), 4(1). https://doi.org/10.17977/um037v4i1p18-25

Hung, D. (2021). 8 Tahap Perkembangan Psikososial Menurut Erik Erikson. https://www.idntimes.com/life/education/deny-hung/8-tahap-perkembangan-psikososial-menurut-erik-erikson-c1c2/4

Imanulloh, H. (2020). Penelitian Deskriptif Kualitatif. https://www.tripven.com/penelitian-deskriptif-kualitatif/

Kompas.com. (2019). Kasus Anak Berhadapan dengan Hukum Tertinggi, Didominasi Kejahatan Seksual. https://nasional.kompas.com/read/2019/01/08/19381211/kasus-anak-berhadapan-dengan-hukum-tertinggi-didominasi-kejahatan-seksual

Pratiwi, N. K. S. P. (2019). PENTINGNYA PERAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA SEKOLAH DASAR. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1). https://doi.org/10.25078/aw.v3i1.908

Psikologi, U. (2018). Teori Konsep Diri dan Dimensi-dimensi Konsep Diri Menurut Fitts. https://www.universitaspsikologi.com/2018/08/teori-konsep-diri-dan-dimensi-dimensi-konsep-diri.html

Rihlah, J., Kamilah, U., & Shari, D. (2020). Gambaran Pendidikan Karakter Anak Usia Dini di Masa Pandemi covid-19. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(01). https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i01.4878

S.Sitio, E. F., B, S. O., & S.P, A. A. (2020). PENGETAHUAN ORANGTUA TENTANG PENDIDIKAN SEKS PADA ANAK USIA DINI. Pintar Harati: Jurnal Pendidikan Dan Psikologi, 15(1). https://doi.org/10.36873/jph.v15i1.1182

Setiawati. (2021). Peran Keluarga dalam Pendidikan Anak Era Pandemi. https://kumparan.com/setiawatipls/peran-keluarga-dalam-pendidikan-anak-era-pandemi-1w2DqgFicdN/2

Sulaiman, M. R., & Halidi, R. (2019). Anak Berhadapan Hukum Tertinggi, Potret Buram Perlindungan Anak Indonesia. suara.com/health/2019/07/23/071000/anak-berhadapan-dengan-hukum-potret-buram-perlindungan-anak-di-indonesia?page=all

Tinarbuko, S. (2021). Desain Cover Koran Tempo Bergaya Poster Dalam Perspektif Konotasi Roland Barthes. 8(April).

UNICEF. (2020). United Nations Children’s Fund (2020). Situasi Anak di Indonesia – Tren, Peluang, dan Tantangan Dalam Memenuhi Hak-Hak Anak. https://www.unicef.org/indonesia/sites/unicef.org.indonesia/files/2020-07/Situasi-Anak-di-Indonesia-2020.pdf

Wirman, W., Sari, G. G., Hardianti, F., & Roberto, T. P. (2021). Dimensi konsep diri korban cyber sexual harassment di Kota Pekanbaru. Jurnal Kajian Komunikasi, 9(1). https://doi.org/10.24198/jkk.v9i1.27363

Yanuarsari, D. H., & Pratiwi, M. R. (2021). Perancangan Komunikasi Visual Kartu Edukasi “Selfclopedia†Sebagai Perlindungan Diri Pada Anak Usia Dini Dengan Tema Dasar : “Self Love.†58–69. http://repository.upnjatim.ac.id/2787/

Zurich.co.id. (2020). Mengenal Afirmasi Positif untuk Anak dan Manfaatnya di Masa Depan. https://www.zurich.co.id/id-id/blog/articles/2020/07/mengenal-afirmasi-positif-untuk-anak-dan-manfaatnya-di-masa-depan


Full Text: PDF