Last modified: 2022-01-21
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu pengembangan e-Modul Dasar Seni Tari dalam mengoptimalkan proses perkuliahan Mata Kuliah Pilihan (Dasar-Dasar Seni Tari) dapat menjadi spirit MBKMuntuk Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif dalam pelaksanaannya menggunakan analisis sebab akibat atau diagram fishbone (diagram tulang ikan). Hasil analisis tersebut teridentifikasi ada 4 (empat) penyebab utama dari perma salahan, yaitu dari segi metode, lingkungan atau faktor eksternal, sumber daya manusia (SDM), dan sarana. Sehingga di peroleh hasil dari penelitian yaitu perancangan e-Modul Dasar Seni Tari. Perkuliahan dasar-dasar seni tari dapat terlaksana secara optimal, efektif dan efisien tanpa hambatan atau kesulitan mahasiswa dalam menerima materi yang bukan merupakan bidang ilmu atau keahliannya.
Keywords: Kurikulum MBKM, E-Modul, Dasar Seni Tari, Blended Learning
Keywords
References
Meier, Dave. 2002. The Accelerated Learning Handbooks: Panduan Kreatif dan Efektif Merancang Program Pendidikan dan Pelatihan. Diterjemahkan oleh Rahmani Astuti. Bandung: Kaifa.
Meri, La, (Terj. Soedarsono). 1986. Elemen-Elemen Dasar Komposisi Tari, Yogyakarta: Lagaligo.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2020. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Jakarta
Peraturan Menteri Pendayagunaan AparaturNegara dan Reformasi Birokrasi Nomor 17 Tahun 2013 tentang Jabatan Fungsional Dosen dan Angka kreditnya
Presiden Republik Indonesia. 2012. Undang-Undang Republik Indonesia No.12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Presiden RI, Jakarta.
Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Kemendikbud RI. 2021. E-Modul
Diklat Prajabatan Golongan III. Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Kemendikbud RI, Depok
Renstra UNM tahun 2015-2019 https://unm.ac.id/rencana-strategis/