Last modified: 2021-01-07
Abstract
Pandemi COVID-19 berdampak pada pembelajaran. Awalnya pembelajaran offline menggunakan berbagai model pembelajaran sesuai kebutuhan siswa, menjadi pembelajaran online dengan berbagai kendala dari penggunaan aplikasi, pemakaian kuota, serta penyampaian materi yang kurang maksimal. Sehingga perlu disusun model pembelajaran secara digital, dapat disampaian baik secara offline atau online(blanded lerning) namun tidak begitu bergantung pada jaringan atau kuota. Penelitian ini merupakan desain penelitian dan pengembangan (R&D) yang mempunyai dua orientasi, yaitu; pengembangan dan validasi produk dengan mengadopsi tahapan model Borg dan Gall. Sebagai salah satu pilihan model pembelajaran seni yang berisi materi dan praktek maka disusunlah UKBM(Unit kegiatan Belajar Mandiri) secara digital, dengan mengkombinasi blogspot, google form, dan google drive. Model pembelajaran ini tetap menanamkan pendidikan karakter dan home base lerning dalam penyusunannya. Sehingga pendekatan yang awalnya secara pedagogi dapat dikembangkan menjadi hutagogi.