Online Conference Systems, Seminar Nasional Kearifan Lokal dalam Pendidikan Seni di Era Kemajuan Teknologi

Font Size: 
STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK LOKAL BERBASIS KEGIATAN PENGABDIAN MASYARAKAT
Irfan Irfan, Satriadi Satriadi

Last modified: 2021-01-11

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi berbagai strategi pengembangangan produk lokal yang telah dilakukan oleh perguruan tinggi khususnya Universitas Negeri Makassar melalui program pengabdian masyarakat, dari hasil identifikasi strategi tersebut diharapkan menemukan sebuah strategi baru dalam meningkatkan kualitas produk lokal di Sulawesi Selatan, khususnya produk lokal yang dihasilkan oleh UMKM. Penelitian ini bersifat kualitatif terapan dengan metode pengumpulan data menggunakan studi kasus pada beberapa program pengabdian masyarakat yang telah mengembangkan produk lokal, setelah itu  analisis data menggunakan alur Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengabdian yang diterapkan adalah meningkatkan keterampilan, demonstrasi, pembentukan kelompok dan yang paling umum adalah pelatihan dan penyuluhan. Strategi meningkatkan keterampilan mitra lebih cenderung fokus pada pengembangan kualitas SDM untuk menciptakan produk unggul dan kompetitif. Strategi demonstrasi dimanfaatkan sebagai cara untuk memperlihatkan kepada mitra cara penggunaan produk teknologi, strategi pembentukan kelompok dimaksudkan agar mitra dapat lebih mudah menyerap secara kolektif jenis teknologi atau produk yang dikembangkan. Strategi paling popular diantara seluruh strategi adalah penyuluhan dan pelatihan, melalui strategi ini, berbagai teknik, keterampilan, dan pengetahuan diberikan kepada mitra


Keywords


Strategi; Pengembangan; Pengabdian

Full Text: PDF