Last modified: 2020-01-09
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendesktripsikan persepsi mahasiswa dan dosen terhadap Pengembangan bahan ajar Sistem Rekayasa TV berbasis digital Modul, serta membandingkan persepsi antara mahasiswa dan dosen terhadap Pengembangan bahan ajar Sistem Rekayasa TV berbasis digital Modul. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian expos facto dimana peneliti melakukan pengumpulkan data secara langsung kepada responden melalui instrument pengumpulan data. Data diperoleh melalui wawancara, angket, dan observasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian ditemukan bahwa mahasiswa pada kategori sangat membutuhkan sebanyak 14 orang atau 35%, Dibutuhkan 13 orang (32.5%) dan pada kategori cukup juga sebanyak 13 orang (32.5%) sedangkan Dosen pada kategori sangat dibutuhkan sebanyak 2 orang atau 10%, Dibutuhkan 12 orang (60%) dan pada kategori cukup sebanyak 6 orang (30%). Hasil uji hipotesis ditemukan bahwa tidak ada perbedaan pandangan antara mahasiswa dengan pandangan dosen terkait kebutuhan perangkat pembelajaran bahan ajar Sistem Rekayasa TV Berbasis E Mudol bahwa sama-sama sepakat bahwa memang sangat dibutuhkan.