Online Conference Systems, Prosiding Seminar Nasional Fakultas Teknik UNM

Font Size: 
Peningkatan Hasil Belajar Siswa SMK Negeri I Provinsi Sulawesi Selatan Melalui Pemanfaatan Metode Quantum Learning
Rusli Ismail

Last modified: 2020-01-09

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pengetahuan Dasar Teknik Mesin (PDTM) siswa SMK Negeri I Provinsi Sulawesi Selatan. Objek penelitian ini adalah siswa kelas XI Teknik Las SMK Negeri I Provinsi Sulawesi Selatan yang berjumlah 24 orang siswa,.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui pemberian tes pada setiap akhir siklus sesuai dengan materi yang diajarkan sebelumnya pada setiap siklus dan obseravsi langsung pelaksanaan tindakan.
Hasil penelitian ini mengidentifikasi adanya peningkatan hasil belajar siswa secara kuantitatif, peningkatan ini terlihat pada skor rata-rata hasil belajar siswa pada kelas XI Teknik Las SMK I Provinsi Sulawesi Selatan,untuk masisng kelas pengelasan. Di kelas pengelasan 1 tes awal sebesar 65 meningkat pada siklus I sebesar 71,45 yang kemudian dilanjutkan dengan tindakan siklus II sebesar 77,71. Di kelas pengelasan 2 diperoleh hasil tes awal 65,38 meningkat pada siklus I menjadi 71,75 dan pada siklus II meningkat dengan hasil tes 77,5 . kelas pengelasan 3 tes awal diperoleh 69,64 meningkat pada siklus 2 sebesar 75,18 kemudian pada siklus II diperoleh hasil meningkat 81,07Secara kualitatif terjadi perubahan keaktifan dan perhatian siswa selama pelaksanaan tindakan yaitu meningkatnya keaktifan siswa dalam mengerjakan tugas-tugas, memupuk keberanian siswa dalam mengemukakan pendapat, serta terciptanya suatu kondisi proses pembelajaran yng menyenangkan bagi siswa SMK Negeri I Provinsi Sulawesi Selatan.

Keywords


Quantum Learning, Pembelajaran

Full Text: PDF