Online Conference Systems, Prosiding Seminar Nasional Fakultas Teknik UNM

Font Size: 
PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS DALAM JARINGAN (DARING) DI SMK
Fatahillah Fatahillah, Muh Zainuddin, R. Kasau, Muh Rizal Samad

Last modified: 2020-01-09

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran berbasis dalam jaringan (daring) yang efektif digunakan di SMK. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, Reseach and Development (R&D) model deskriptif dengan dua siklus yaitu siklus I (pretest) dan siklus II (posttest). Tahap pengembangan dengan tiga tahap dari analisis, desain, dan pengujian. Analisis data untuk mengumpulkan informasi dan dokumen yang berkaitan tentang pembelajaran sebelumnya, desain untuk mempersiapkan dan mengelolah aplikasi daring berupa e-learning menggunakan lms klase, dan pengujian untuk mengetahui tingkat efektivitas penggunaan aplikasi daring dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian adalah Peserta Didik kelas X TKJ yang berjumlah 35 peserta didik pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan ujian/test hasil belajar yang dianalisis secara kuantitatif menggunakan statistik deskriptif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan setelah diterapkan tindakan pada siklus I diperoleh rata-rata skor hasil belajar 58,46 yang masih di bawah kriteria ketuntasan minimum yang ditetapkan oleh pihak sekolah dan masih memerlukan banyak perbaikan dalam proses pembelajaran, pada siklus II diperoleh rata-rata skor 87,91 yang menunjukkan hasil belajar di atas dari kriteria ketuntasan minimum yang telah ditetapkan. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan berdasarkan skor rata-rata dari siklus I ke siklus II, siswa yang mengalami peningkatan pada siklus II semakin meningkat. Analisis gian dilakukan dengan membandingkan hasil pretest (siklus I) dan posttest (siklus II) untuk mengetahui tingkat efektivitas, dan hasil analisis gian pada nilai 0.70 yang berarti tingkat efektivitas yang tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan pembelajaran berbasis daring dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik Kelas X TKJ SMK Negeri 1 Sidrap dan tingkat efektivitas yang tinggi dalam penggunanaan pembelajaran berbasis daring.


Keywords


Pembelajaran daring, klase, e-learning, lms.

Full Text: PDF