Last modified: 2019-11-11
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil pengembangan model bindik kelas industri di sekolah menengah kejuruan berdasarkan kajian empiris unttuk meningkatkan kesiapan kerja siswa. (2) untuk mengidentifikasi kevalidan dan kepraktisan model bindik yang dikembangkan di SMK. (3) untuk mengetahui keefektifan model bindik terhadap kesiapan kerja siswa. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan 20 orang kelompok uji coba. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan observasi. Temuan penelitian ini (1) pengembangan kesiapan kerja siswa yakni melalui kelas industri dengan menggunakan model bindik dan menghasilkan produk berupa buku model, modul-rnodul bindik, serta perangkat evaluasi. (2) model bindik yang dirancang memalului kelas industri valid dan praktis untuk di laksananakan. (3) Model bindik sangat efektif digunakan untuk meningkatkan kesiapan kerja siswa karena telah di lengkapi dengan buku model, modul-modul bimbingan dan latihan kerja dan perangkat evaluasi. Berdasarkan hasil tersebut maka disimpulkan bahwa pengembangan model bindik melalui kelas industri di SMK sangat efektif meningkat kesiapan kerja siswa sehingga dapat digunakan pada sekolah menengah kejuruan (SMK).