Online Conference Systems, Prosiding Seminar Nasional Fakultas Teknik UNM

Font Size: 
Penyusunan Butir Soal Formatif dan Sumatif Berbasis HOTS pada Mata Pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi dan Properti di SMK Negeri 4 Gowa
Armiwati Armiwati, Anas Arfandi, Nur Anny S. Taufieq, Arianti Arianti

Last modified: 2019-11-16

Abstract


Lemahnya kemampuan berfikir siswa dalam menyelesaikan masalah menjadi salah satu permasalahan di dunia pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian analisis dokumen, yang bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan bentuk soal ujian SMK program keahlian Teknik Konstruksi dan Properti di kota Makassar, (2) Menganalisis penerapan HOTS pada soal ujian SMK program keahlian Teknik Konstruksi dan Properti di kota Makassar, (3) Mendeskripsikan pemahaman guru mengenai HOTS. Setiap soal akan diklasifikasikan berdasarkan tingkat kognitif secara manual sehingga dapat diketahui soal yang telah menggunakan indikator HOTS. Dimana indikator HOTS yaitu C1 (mengetahui), C2 (memahami), C3 (menerapkan), C4 (menganalisis), C5 (evaluasi) dan C6 (mencipta). Hasil analisis diperoleh bentuk soal hanya menggunakan bentuk pilihan ganda dan uraian, belum adanya penerapan HOTS pada soal ujian, dan guru belum memahami tentang HOTS.

Keywords


Soal Ujian, Higher Order Thinking Skill, HOTS, SMK, Teknik Konstruksi dan Properti

Full Text: PDF