Online Conference Systems, Prosiding Seminar Nasional Fakultas Teknik UNM

Font Size: 
ANALISIS EMPLOYABILITY SKILLS MAHASISWA MENGGUNAKAN PENDEKATAN SITUATIONAL JUDGEMENT TEST
Hermila A, Muhammad Yahya, Syahrul Syahrul

Last modified: 2019-11-16

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk; (1) mengetahui gambaran tingkat employability skills mahasiswa pada aspek keterampilan fundamental, keterampilan manajemen pribadi dan keterampilan bekerjasama menggunakan pendekatan situational judgement test; (2) menjelaskan pengaruh keterampilan fundamental, keterampilan manajemen pribadi, keterampilan bekerjasama terhadap kesiapan kerja mahasiswa. Penelitian ini bersifat ex-post facto. Populasi dan Sampel penelitian adalah mahasiswa STMIK Profesional Makassar tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 144 orang. Instrument menggunakan tes dan angket. Hasil penelitian menujukan (1) gambaran tingkat employability skills mahasiswa melalui tes situational judgement test pada aspek keterampilan fundamental dan  manajemen pribadi dalam kategori tinggi, aspek keterampilan bekerjasama dalam kategori  sangat tinggi, (2) keterampilan fundamental berkontribusi membangun kesiapan kerja mahasiswa sebesar 10,1%, 3) keterampilan manajemen pribadi berkontribusi membangun kesiapan kerja mahasiswa sebesar 9%, (4) keterampilan bekerjasama berkontribusi membangun kesiapan kerja mahasiswa sebesar 40,5%, (5) keterampilan fundamental, manajemen pribadi dan bekerjasama secara bersama-sama berkonstribusi membangun kesiapan kerja mahasiswa sebesar  60,2%. Berdasarkan hasil tersebut maka disimpulkan bahwa tingkat employability skills mahasiswa dalam kategori tinggi serta employability skills berkontribusi membangun kesiapan kerja mahasiswa.

Keywords


employability skills, situational judgement test, kesiapan kerja

Full Text: PDF