Online Conference Systems, Prosiding Seminar Nasional Fakultas Teknik UNM

Font Size: 
PEMANFAATAN TUTOR SEBAYA PADA PRAKTEK UKUR TANAH
Taufiq Natsir

Last modified: 2019-11-16

Abstract


Ketidaklulusan mahasiswa pada Ukur Tanah banyak disebabkan karena mahasiswa umumnya tidak mengerjakan tugas atau laporan prakteknya dengan tuntas, dimana laporan praktek merupakan prasyarat untuk mengikuti Ujian Akhir Semester yaitu mahasiswa yang tugas laporan prakteknya tidak seleaai. maka resikonya tidak diikutsertakan pada ujian akhir semester sehingga berdampak pada penetapan nilai akhir  Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperiman bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelakukan menggunakan pembelajaran tutor sebaya pada saat praktek dan asistensi hasil praktek pada matakuliah Ukur Tanah.. Populasi peneltian adalah mahasiswa yang memprogramkan matakuliah Ilmu Ukur Tanah pada tahun akademik 2018/2019. Penelitian ini megelompokkan sampel eksperimen dan sampel kontrol dan pengaruh perlakuan dianalisis dengan uji beda menggunakan statistik t-test. Jika ada perbedaan yang signifikan antara grup eksperimen dan grup kontrol maka perlakuan yang diberikan berpengaruh secara signifikan. Hasil penelitian menyatakan bahwa hasil belajar pada kelas eksperimen (85,21) lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa pada kelas kontrol (61,26)  dan  pada  uji-t diperoleh nilai  bahwa t-hitung  =11,8  dan t-tabel =  1.992,  jadi nilai t hitung >  t tabel   (11,8>1,992). Artinya terdapat pengaruh signifikan penerapan metode tutor sebaya terhadap pembelajaran Praktek Ukur Tanah Jurusan PendidikannTeknik Sipil dan Perencanaan Fakuktas Teknik UNM.

Keywords


Tutor Sebaya, Praktek Ukur Tanah

Full Text: PDF