Font Size:
PERAN INDUSTRI DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI KELAS INDUSTRI DI SMK
Last modified: 2019-11-18
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menguraikan penerapan kurikulum kelas industri yang diterapkan di SMK. (2) Mendeskripsikan kendala pelaksanaan kelas industri yang diterapkan di SMK. (3). Menganalisis persepsi pihak DUDI terhadap pelaksanaan kelas industri di SMK. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan menggunakan tekhnik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). Penerapan kurikulum kelas industri yang diterapkan sudah berhasil diterapkan dengan baik karena menerapkan point penting dalam program kelas industri seperti kurikulum berstandar industri, Lingkungan sekolah berstandar industri, dan tenaga pengajar yang berkompeten. (2). Kendala dari pelaksanaan kelas industri yang diterapkan di SMK. Pada program kelas Industri yang diterapakan di SMK terdapat beberapa kendala yang dihadapi yaitu :Pelaksanaan program Kelas industri jangka pendek, dan Kurangnya Perhatian dari Pihak Industri. (3). Persepsi DUDI terhadap pelaksanaan kelas industri yaitu terbentuknya kompetensi keahlian yang berkualitas, mudahnya mendapatkan SDM, dan Sebagai ajang promosi.
Keywords
Peran industri, Kelas industri, Mutu pendidikan
Full Text:
PDF