Online Conference Systems, Prosiding Seminar Nasional Fakultas Teknik UNM

Font Size: 
PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN PADA MATA KULIAH KONSTRUKSI BUSANA WANITA JURUSAN PKK FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
Rosmiaty Rosmiaty

Last modified: 2019-11-18

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: apakah instrumen penilaian keterampilan pada mata kuliah konstruksi busana wanita yang dikembangkan pada Jurusan PKK Fakultas Teknik UNM memenuhi kriteria validasi isi instrumen ; apakah instrumen penilaian keterampilan yang dikembangkan memenuhi kriteria validasi item instrumen dan reliabilitas instrumen ; bagaimana desain model instrumen penilaian keterampilan pada mata kuliah konstruksi busana wanita yang dikembangkan ; dampak penerapan model instrumen penilaian keterampilan pada mata kuliah konstruksi busana wanita dihasilkan terhadap aspek: dukungan terhadap pelaksanaan tugas dosen, khususnya dalam melaksanakan pembelajaran dan evaluasi hasil belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D) yang dilaksanakan di Jurusan PKK Fakultas Teknik UNM. Pengembangan instrumen penilaian keterampilan melalui proses studi literatur, membuat rancangan penilaian, proses validasi, uji coba hingga instrumen yang dikembangkan jadi dan dapat dimanfaatkan secara luas. Instrumen penelitian berupa, kisi-kisi instrumen penilaian keterampilan, lembar instrumen penilaian keterampilan, instrumen validasi untuk validatordan respon penggunaan instrumen kemudian dideskripsikan. Hasil penelitian menunjukkan : instrumen penilaian keterampilan yang dikembangkan memenuhi validitas isi berdasarkan penelaahan validator dengan koefisien validitas isi sebesar 0,8333 atau 83,33 % untuk kesesuaian indikator penilaian dengan kriteria dan skor penilaian dan koefisien validitas isi sebesar 0,9167 atau 91,67% untuk kesesuaian indikator penilaian dengan besarnya bobot penilaian; butir instrumen penilaian keterampilandinyatakan valid, karena nilai korelasinya lebih besar dari r kritis =0,456; instrumen penilaian memenuhi kriteria reliabilitas instrumen, yakni sebesar 0,863 karena lebih besar dari 0,70 sebagai batas minimal; mahasiswa merasa senang dengan penggunaan instrumen penilaian ini karena proses penilaian dilakukan secara transparan dan obyektif sehingga memotivasi mereka untuk belajar lebih giat untuk mendapatkan nilai yang lebih baik.

Keywords


Instrumen penilaian keterampilan, konstruksi busana wanita.

Full Text: PDF