Online Conference Systems, Prosiding Seminar Nasional Fakultas Teknik UNM

Font Size: 
Evaluasi Pelaksanaan Teaching Factory (TEFA) Pada SMK SMTI Makassar
Dafrid Cahyadi Arifin, Hasanah Hasanah, Purnamawati Purnamawati

Last modified: 2019-11-18

Abstract


Tujuan penelitian yaitu (1) mengevaluasi dan (2) mengetahui hambatan dalam pelaksanaan TEFA. Jenis penelitian adalah evaluasi CIPP. Menggunakan pendekatan kuantitatif, dan kualitatif sebagai data penunjang. Objek penelitian yaitu kepsek, wakasek kurikulum, penanggung jawab TEFA dan peserta didik. Metodologi penelitian yaitu angket, dokumentasi, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian yaitu (1) komponen conteks, input, process, dan product, masing-masing mendapatkan kategori penilaian sangat baik, dan (2) hambatan ditemukan dalam aspek hasil belajar. Tahapan evaluasi adalah penggambaran, perolehan/temuan, dan penyediaan informasi untuk pembuat keputusan dalam menentukan sebuah kebijakan. Hasil evaluasi penelitian ini menunjukan bahwa SMK SMTI Makassar sudah melaksanakan program pembelajaran TEFA dengan sangat baik, meskipun masih terdapat beberapa hal yang masih perlu dibenahi. Saran yaitu (1) SMK perlu menyusun petunjuk teknis pembelajaran TEFA, (2) Perlunya peremajaan alat produksi dan alat penunjang TEFA, (3) Diterapkan sistem blok pada pembelajaran TEFA, (4) Meningkatkan pelayanan purna jual, dan (5) Memaksimalkan pembelajaran TEFA kepada peserta didik.

 


Keywords


Evaluasi CIPP, Teaching Factory (TEFA), SMK SMTI Makassar.

Full Text: PDF