Font Size:
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MOBILE-LEARNING
Last modified: 2020-01-08
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran menggunakan media Mobile-Learning dan mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar peserta didik saat menggunakan media pembelajaran berbasis Mobile-Learning pada mata pelajaran sistem operasi TKJ di SMK Kartika XX-1 Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen, Jumlah populasi 62 Orang, jumlah sampel 40 orang yang dipilih secara random sampling.Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan rancangan penelitian dua kelompok sampel dari kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data digunakan deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 70 dan nilai kelas kontrol sebesar 55.3.Df uji t didapat > , yaitu nilai sebesar 7.113 dan pada taraf signifikansinya 2.5% (0.025) adalah sebesar 2.02439, dengan demikian Ho “Hasil belajar kelompok peserta didik yang menggunakan media pembelajaran Mobile Learning lebih rendah atau sama dengan kelompok peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran langsung†ditolak dan Ha “ Hasil belajar kelompok peserta didik yang menggunakan media pembelajaran Mobile Learning lebih tinggi dibandingkan kelompok peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran langsungâ€Â gagal ditolak. Berdasarkan hasil penelitian belajar pada peserta didik yang menggunakan media pembelajaran Mobile Learning lebih baik jika dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran langsung.
Keywords
media pembelajaran, pembelajaran langsung, mobile learning
Full Text:
PDF