Online Conference Systems, Prosiding Seminar Nasional Fakultas Teknik UNM

Font Size: 
Pengetahuan Soft Skill Berbasis Pembelajaran Proyek untuk Anak-anak Panti Asuhan di Gowa
Ma'ruf Idris, Sutarsi Suhaeb

Last modified: 2020-01-09

Abstract


panti asuhan adalah lembaga kesejahteraan sosial yang bertindak sebagai pengganti keluarga dalam memenuhi kebutuhan anak-anak dalam proses pertumbuhan. Ada batasan usia atau tingkat pendidikan formal yang ditanggung oleh pengelola panti asuhan, yaitu setelah menyelesaikan pendidikan di sekolah menengah atas, mereka dianggap mampu mandiri. Pada dasarnya, anak yatim memiliki minat kerja yang tinggi, ini terkendala karena kurangnya keterampilan yang dimiliki ditambah dengan kesempatan kerja yang tersedia terbatas sehingga mengurangi kesempatan untuk bekerja. 20 peserta dari panti asuhan Ralia dan Ar-Rahmah telah berpartisipasi dalam pemeliharaan dan perbaikan peralatan listrik dan elektronik dengan pembelajaran berbasis proyek dengan antusiasme dan keseriusan yang tinggi. Peserta berhasil memahami dan mampu memelihara dan memperbaiki elektronik listrik dan rumah tangga seperti penanak nasi, setrika, dispenser, blender dan kipas. Keberhasilan kegiatan dalam meningkatkan motivasi kewirausahaan dan keterampilan peserta dalam pemeliharaan dan perbaikan peralatan listrik dan elektronik adalah 89% diperoleh di Panti Asuhan Ralia dan 85% di Panti Asuhan Ar-Rahmah. Persentase hasil kuesioner berada pada interval yang sangat baik.

Keywords


Panti asuhan, pembelajaran berbasis proyek, pemeliharaan dan perbaikan elektronik listrik dan rumah tangga.

Full Text: PDF