Font Size:
PENGEMBANGAN HANDOUT MENGGAMBAR ORNAMEN UNTUK MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SENI RUPA FAKULTAS SENI DAN DESAIN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
Last modified: 2021-04-05
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau research and development (R&D) yang bertujuan untuk mengembangkan handout perkuliahan menggambar ornamen yang berkualifikasi valid, praktis, dan efektif. Penelitian dan pengembangan ini mengacu pada komponen-komponen pengembangan bahan ajar yang lazim digunakan dalam penelitian pengembangan. Metode dan pendekatan yang digunakan mengacu pada model penelitian pengembangan Borg and Gall melalui model ADDIE. Langkah-langkah pengembangan dilakukan melalui tiga tahap, yakni: 1) studi pendahuluan; 2) pengembangan produk tahap awal; 3) tahap validasi kelayakan. Materi validasi, meliputi: 1) kelayakan isi; 2) kebahasaan; 3) kegrafikan. Kriteria kevalidan ditetapkan berdasarkan pada hasil penilaian dan pernyataan validator. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, format validasi, dan analisis dokumen. Teknik analisis datanya menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman melalui empat tahap, yakni: 1) pengumpulan data; 2) reduksi data; (3) penyajian data; 4) verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian pada taraf uji pakar, maka dapat ditarik kesimpulan dan saransaran sebagai berikut: 1) Handout yang dikembangkan setelah melalui uji pakar dinyatakan telah memenuhi standar kelayakan dengan kualifikasi valid, praktis, dan efektif. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan skor penilaian dengan rerata skor 4,658 (katogori layak/valid); 2) Sebagai implikasi dari hasil penelitian ini, maka dapat direkomendasikan untuk digunakan dalam perkuliahan menggambar ornamen, khususnya bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar.
Keywords
Pengembangan; bahan ajar; menggambar; ornamen
Full Text:
PDF